Friday, August 2, 2019

Sulimaraja (Calliandra Riparia)

Sulimaraja atau umum juga di negara kita disebut dengan Surinamensis ini merupakan jenis tanaman dari genus Calliandra yang memiliki nama lain Calliandra riparia maupun Calliandra schultzei. Habitat asli tanaman ini ada di Panama, Colombia, Guyana, dan Venezuela.

Sulimaraja sudah sangat banyak dibudidayakan di Indonesia. Kita bisa memiliki jenis tanaman ini dengan beli di toko tanaman hias. Perbanyakan dapat dilakukan melalui Biji dan cangkok. Perawatan tanaman ini tidak ribet,hanya saja yang perlu diperhatikan adalah bahwa jenis kaliandra kayunya sangat digemari rayap.
Sulimaraja (Calliandra Riparia)

Berdasarkan pengalaman pribadi saya,dalam semalam saja bagian akar dari tanaman ini bisa habis dimakan oleh rayap yang menyebabkan tanaman menjadi mati. Jadi setiap satu minggu sekali saya harus menabur furadan di sekitar tanaman supaya tidak diserang oleh rayap.

Bagian daun juga sering dimakan hama ulat dan belalang,untuk menanganinya bisa dengan melakukan penyemprotan menggunakan insectisida.

Pertumbuhan tanaman ini cukup baik dengan daun berwarna hijau mengkilap namun daun akan menutup ketika hari mulai senja. Berbunga sepanjang tahun dengan bunga berwarna Pink (pada umumya) yang hanya bertahan sehari. Tanaman ini juga bagus untuk dijadikan bonsai,silahkan buka kembali artikel kami tentang Bonssai Sulimaraja.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner