Monday, May 6, 2019

Saeng Simbur

Saeng simbur (Desmodium sp) ini adalah salah satu genus dari suku Fabaceae. Dalam genus Desmodium sendiri memiliki lebih dari 250 anggota species tumbuhan herba dan berukuran kecil. Spesies tanaman dari genus ini banyak yang digunakan untuk bahan makanan dan obat-obatan herbal. Species dari Desmodium mengandung flavonoid, alkaloid, terpenoid, steroid, fenol, phenylpropanoids, glikosida dan sejumlah minyak atsiri.

Tanaman dari genus Desmodium seperti Desmodium styracifolium sering digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati berbagai penyakit seperti rematik, demam, disentri, luka, batuk, malaria, hepatitis, hemoptisis.Dalam teori Pengobatan Tradisional Cina, sebagian besar spesies tersebut memiliki efek mengurangi demam, menetralkan racun, menghambat nyeri, menyegarkan sirkulasi darah, menekan batuk dan mengurangi dyspnea.
Saeng Simbur
Bunga Saeng Simbur yang menawan

Di kalangan penghobi bonsai dan tanaman hias,ada salah satu dari jenis Desmodium,yaitu yang sering disebut dengan Saeng Simbur. Ada 2 jenis saeng simbur,yaitu saeng simbur lokal dan Vietnam Desmodium Unifoliatum yang di negaranya disebut dengan Linh Sam. Perbedaannya daun saeng simbur vietnam lebih rapat.

Jenis tanaman ini sangat bagus untuk dibuat bonsai karena ada faktor pendukung selain batang yang keras dan daun yang kecil yaitu bunganya yang cantik. Terdiri dari 2 jenis warna bunga,yaitu ungu dan putih. Tanaman ini sekarang sudah banyak dipasaran,tapi harga bibitnya masih agak mahal,khususnya jenis import.Bagus untuk dijadikan Bonsai,silahkan lihat refferensi Gambar Bonsai Saeng Simbur pada artikel kami selanjutnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner