Saturday, April 27, 2019

Jambu Biji /Jambu Batu

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk ini adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.

Pohon Jambu dapat diperbanyak dengan biji. Namun demikian, perbanyakan dengan cara ini tidak disukai karena tumbuhannya lama menjadi dewasa dan juga akan berubah sifat dari induknya. Perbanyakan yang sekarang dilakukan adalah secara vegetatif, khususnya dengan cara pencangkokan. Hal ini dilakukan supaya sifatnya tidak berubah dari induk dan juga masa pembuahannya lebih cepat.
Jambu Biji /Jambu Batu

Daun jambu biji dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare. Jus jambu biji "bangkok" juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah. Daun jambu biji sudah dikenal sejak dahulu sebagai pencegah dan mengurangi diare. Cara untuk membuatnya Anda bisa ambil 3 helai daun jambu biji kemudian direbus dengan 2 gelas air putih,lalu disaring dan diminumkan pada orang yang terkena diare.

Pohon buah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai pohon kerdil atau Bonsai,baik itu pohon Jambu spesies asli dan juga bisa dajadikan sebagai batang bawah untuk sambungan Jambu Kerikil. Lihat Bonsai Pohon Jambu di artikel kami selanjutnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner