Tuesday, April 9, 2019

Cangkok Pohon Serut Untuk Bonsai

Pohon serut memang salah satu jenis tanaman lokal yang sangat populer dikalangan pebonsai dan tanaman hias.Pohon ini bisa untuk dijadikan tanaman penghias yang bisa dipot dan juga bisa untuk pohon taman. Pohon ini masih terus diburu sampai sekarang dan dikhawatirkan akan punah dari alam liar jika terus berlanjut.

Kepunahan habitat terjadi karena para pemula yang asal dongkel,tidak memilah karakter pohonnya,hanya asal jenisnya saja,dan jika pendongkelan dilakukan asal-asalan malah hanya akan memusnahkan tanaman di habitat aslinya yang dikhawatirkan akan merusak lingkungan.

Sebenarnya untuk mendapatkan bahan bonsai dengan ukuran tertentu tidak hanya bisa didapatkan dari mendongkel,tapi juga bisa dilakukan dengan cara mencangkok. Mencangkok pohon serut lebih menguntungkan, alasanya:

  1. Kita bisa memilih bentuk bentuk batang serut sesuai yang kita inginkan dan bagian batang yang diperlukan. 
  2. Perakaran hasil cangkok lebih merata atau menyebar dan akan mempunyai kelebihan di kaki bosai. 
  3. Menjamin ketersediaan bahan serut dialam selalu tersedia dan berkelanjutan. Karena yang diambil hanya bagian batang yang diperlukan sedangkan bonggol dan akar masih tersisa.

Proses mencangkok pohon serut caranya adalah sama seperti mencangkok tanaman pada umumnya. Bonsai serut hasil dari budidaya (mencangkok) juga lebih baik terutama dari perakarannya yang bisa diprogram lebih seimbang.Berikut adalah salah satu hasil programan serut budidaya yang dilakukan oleh saudara kita mas Yusuf yang memiliki akun fb bernama Pugar Yusuf.
Cangkok Pohon Serut Untuk Bonsai

Semoga menginspirasi dan selamat berkarya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner