Thursday, January 31, 2019

Membuat Bonsai Dari Tanaman Liar (Dongkel)

Seperti yang kita tahu bahwa Bonsai merupakan suatu bentuk tanaman dalam pot yang menggambarkan filosofi pohon besar dialam.Karakter Bonsai yang baik adalah memiliki kesan tua meskipun berukuran kecil yang ditanam dalam sebuah wadah/pot. Proses pembuatan bonsai membutuhkan waktu yang lama,terlebih jika ditanam dari biji. Melewati berbagai proses,terutama pembesaran batang untuk mencapai keseimbangan dimensi.

Ada satu cara yang umum dilakukan oleh para pebonsai yaitu hunting bahan di alam atau yang biasa disebut mendongkel.Cara ini dilakukan untuk mendapatkan bahan bonsai yang berukuran besar dengan cepat tanpa menunggu terlalu lama dan tinggal membuatnya hidup lalu proses perantingan.
Membuat Bonsai Dari Tanaman Liar (Dongkel)

Kegiatan mendongkel ini sebenarnya kurang efektif untuk pemula,karena biasanya mereka (para pemula) mendongkel dengan cara yang asal-asalan. Asal mereka dapat bahan dengan jenis tanaman yang bisa dibonsai tanpa pertimbangan bentuk (gerak dasar) sehingga tanaman yang tak prospek untuk dibuat bonsaipun dibabat habis dan bisa jadi malah merusak alam.

Proses pemotongan juga kadang asal-asalan sehingga tanaman tidak dapat tumbuh atau mati kering maupun membusuk. Cara untuk menghidupkan bahan dongkelan juga belum mereka pelajari sehingga hobi baru mereka malah membunuh tanaman.

Perlu pembelajaran dulu untuk membuat bonsai dari tanaman liar.Pilihlah bahan yang sekiranya prospek, memiliki gerak batang yang bagus dan tahu konsep selanjutnya mau dibentuk seperti apa. Jika memiliki gerak batang yang bagus,unik dan berkarakter,ini akan lebih cepat prosesnya,atau setidaknya dalam pembentukan awal sudah enak dilihat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner