Thursday, January 24, 2019

Beberapa Metode Mengembangbiakkan Tanaman Selain Dari Biji

Dalam melakukan perbanyakan tanaman terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan selain dari biji. Cara-cara ini tujuannya adalah untuk mempercepat proses pembiakan dibanding dengan menunggu pohon induk menghasilkan biji. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Cangkok air layering Mencangkok adalah proses perbanyakan vegetatif tanaman yang dilakukan dengan cara pengeratan cabang tanaman (menghilangkan kulit kayu) dengan panjang keratan antara 3-15cm menyesuaikan dengan besarnya cabang kemudian membungkusnya dengan media lalu di bebat menggunakan plastik atau media lain. Dibiarkan sampai keluar akar lalu dipotong dan ditanam. Lamanya proses pertumbuhan akar tergantung dari jenis pohon dan besarnya cabang yang dicangkok. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi resiko kegagalan jika dilakukan dengan stek batang.
Beberapa Metode Mengembangbiakkan Tanaman Selain Dari Biji

2.Stek Secara umum pengertian stek adalah metode perbanyakan tanaman dengan menggunakan potongan bagian tanaman seperti akar , daun dan batang. Setiap bagian tubuh tanaman memiliki sifat totipotensi di mana satu sel dapat membelah menjadi sel lain. Metode stek hanya dapat dilakukan untuk jenis tanaman tertentu. Tanaman bergetah umumnya lebih mudah untuk di stek.

3. Perundukan (Ground Layering) Adalah Suatu metode yang dilakukan dengan menurunkan ("dirundukkan") bagian cabang tanaman ke tanah ataupun tanah di pot dibenamkan hingga beberapa minggu sampai muncul akar. Perundukan biasanya dilakukan pada batang tumbuhan yang beruas-ruas. Penyayatan kulit dapat pula dilakukan apabila diperlukan seperti halnya proses pencangkokan (air layering).
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner